Sabtu, 23 Desember 2023

LINGKUNGAN SEBAGAI HABITAT HIDUP BERKELANJUTAN #3

 

Manfaat Lingkungan 


Manusia hidup di permukaan bumi bersama-sama dengan komponen lingkungan lainnya, berupa komponen biotik dan abiotik. Lingkungan hidup yang baik memungkinkan setiap makhluk hidup dapat hidup dengan harmonis dan nyaman.


Secara langsung maupun tidak langsung, disadari ataupun tidak, semua unsur-unsur lingkungan yang ada di sekitar kita senantiasa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Lingkungan berperan penting dalam hidup sehat dan keberadaan kehidupan di planet bumi. Bumi merupakan rumah bagi berbagai spesies makhluk hidup dan kita semua bergantung pada lingkungan untuk kebutuhan makanan, udara, air, dan kebutuhan lainnya. 


Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan makanan, manusia memanfaatkan tumbuhan dan hewan. Selain itu, dalam proses pernafasan manusia senantiasa menghirup oksigen yang terdapat di atmosfer. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk menyelamatkan dan melindungi lingkungan hidup.


Lingkungan memiliki beberapa fungsi yang sangat memengaruhi kelangsungan hidup unsur-unsur yang ada di dalamnya (Dinas Lingkungan Hidup, 2020). Secara umum beberapa manfaat unsur lingkungan hidup bagi manusia antara lain sebagai berikut.

1) Lingkungan Sebagai Tempat Untuk Hidup

Lingkungan menjadi tempat beraktivitas makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Lingkungan juga berperan sebagai tempat manusia berinteraksi sosial.


2) Lingkungan Sebagai Penghasil Pangan Makhluk Hidup 

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, makhluk hidup membutuhkan pangan dan air. Karena itu, makanan dan air menjadi satu diantara hal penting dalam kebutuhan kehidupan.


3) Lingkungan sebagai Penyedia Sumber Daya Alam


Satu diantara contoh sumber daya alam yang ada di lingkungan hidup alami adalah gas alam dan minyak bumi. Kedua sumber daya alam tersebut penting untuk dimanfaatkan manusia sebagai pemenuhan kebutuhan hidup. Misalnya, pengolahan bahan bakar dari gas alam dan minyak bumi.


4) Lingkungan sebagai Penyedia Mikroorganisme

Mikroorganisme diperlukan untuk menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati. Melalui sebuah proses yang dilakukan oleh mikroorganisme, sisa-sisa tersebut akan menjadi tanah yang subur.


5) Lingkungan sebagai Penyedia Oksigen

Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernapas. Sama halnya seperti air, jika kekurangan oksigen, makhluk hidup akan lemas, bahkan mati.


6) Sebagai Penyedia Tanah

Bagi tumbuhan, tanah berfungsi sebagai tempat hidup dan kembangnya. Bagi manusia, tanah berfungsi sebagai tempat berpijak, berkebun, berladang, mendirikan rumah, dan lainnya.


Hubungan antara makhluk hidup, khususnya manusia, dengan lingkungannya telah berlangsung sejak manusia lahir. Begitu seseorang lahir ke dunia, secara langsung atau tidak langsung melakukan interaksi dengan lingkunganya, seperti memanfaatkan oksigen di udara untuk bernafas. 


Tingkat ketergantungan terhadap lingkungan meningkat seiring dengan perkembangan kebutuhannya. Semua kebutuhan tersebut didapat melalui interaksi dengan lingkungan, baik lingkungan alam, sosial, dan budaya.


Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Belajar Geografi ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO